Tungau Hobi Hidup di Furnitur Berbahan Lembek

Tungau adalah serangga kecil berukuran sekitar 0,2 milimeter. Makhluk ini transparan hingga tidak kasat mata serta pelik temukan.

Walau demikian, rakyat tetap dapat mengira lokasi dimana makhluk kecil tersebut berada. Dokter Litya Ayu Kanya Anindya menuturkan, binatang ini biasanya hidup di area lembab sekitar 25 hingga 31 derajat celcius.

“Lebih-lebih di furnitur berbahan lembek serta berbulu,” terang Litya dalam Peluncuran HydroClean di Jakarta, Hari kamis (15/12).

Beberapa area tungau yang biasa menjadi sarang mereka seperti di karpet, sofa kain, tirai serta kasur. Selain itu, bisa juga di matras, seprei, bantal guling, boneka serta buku lama. Oleh karena itu, dia menyarankan, rakyat untuk rajin membersihkan debu di sejumlah area itu.

Untuk dapat menghindari gigitan tungau yang mengakibatkan alergi, Litya menyarankan, siapapun untuk memasang piyama panjang serta tertutup ketika tidur. “Sebab biasanya daerah yang terekpos ketika tidur yang paling sering sekali terkena gigitan tungau,” tambah dia. Terlebih pada kasur, seprai serta bantal guling selalu menjadi sarang tungau.

Litya memang tak bisa menjamin pakaian panjang serta tertutup bisa menahan gigitan tungau. Akan namun setidaknya dapat menurunkan akibat itu. Sebab, tungau biasanya mesti butuh ekstra kerja keras supaya mencapai kulit manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *