Virtualisasi Data Bawa Analitik ke Level Lebih Tinggi

Koneksi berkembang pesat di jaman transformasi digital. Diperkirakan, ada lebih dari 550 juta gadget jaringan di Indonesia di tahun 2020. Lebih dari sekitar 95 juta gadget itu akan adalah gadget dengan modul machine-to-machine (M2M), di mana tiap gadget dapat “berbicara” 1 sama lain untuk melakukan perintah yang kami berikan.

Bayangkan sebuah skenario dimana jam alarm secara otomatis akan menginformasikan mesin kopi untuk memulai menyeduh secangkir kopi saat alarm berbunyi. Ini yakni gambaran seperti apa Media online of Things (IoT) dalam keseharian kami. Pada kenyataannya ini bukanlah lagi sesuatu baru yang akan terjadi di masa depan sebab ini telah terjadi kini.

Implementasi serta akibat dari IoT tak cuma akan terbatas pada contoh-contoh seperti ini, sebab dampaknya akan jauh lebih besar serta bahkan akan sejauh mengubah tatanan yang telah ada.

Menurut laporan McKinsey, IoT diperkirakan akan mempunyai potensi akibat terhadap ekonomi dengan jumlah yang fantastis sampai US$ 11 triliun pada tahun 2025. Tetapi, hal ini tak berhenti disitu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *